Asri Husnul Rosadi: “Cita-citaku Menjadi Polwan”

Asri Husnul Rosadi merupakan siswa kelas 8A MTs Negeri Kota Cimahi yang lahir pada 5 November 2003. Anak pertama dari dua bersaudara itu memiliki prestasi yang membanggakan. Semenjak duduk di kelas 1 SD sampai kelas 8 MTs senantiasa meraih peringkat 1 di kelasnya. Bahkan saat di kelas 7 tahun lalu ia dinyatakan sebagai Juara Umum atau peringkat 1 paralel kelas 7 (10 kelas). Padahal saat itu Asri aktif dalam ekstrakurikuler paskibra. Keaktifannya dalam eskur tak menjadikan dirinya ketinggalan dalam belajar. Ia mampu membagi waktu. Belajar dan aktif di ekstrakurikuler berjalan seiring-sejalan.

Asri lahir dari pasangan Imam Rosadi (Pegawai Swasta) dan Eneng Solihat (Ibu Rumah Tangga). Kini tinggal bersama orang tuanya di Jl. Kihapit Timur, RT 10, RW 08, Kelurahan Leuwigajah, Cimahi Selatan. Ia memiliki cita-cita ingin menjadi seorang polisi wanita (polwan). “Setelah besar nanti, saya ingin jadi seorang polwan. Insya Allah saya akan tetap berjilbab kalau nanti sudah jadi polwan. Semoga cita-cita itu terwujud,”ujar alumni SD Negeri Cimindi 5 itu.

Menurutnya ada dua alasan mengapa ingin menjadi seorang polwan. Pertama, polisi baginya merupakan profesi yang mulia dan terhormat karena memiliki tugas untuk melindungi dan mengayomi masyarakat. Alasan kedua, ia terobsesi untuk menjadi polisi yang rajin shalat dan berdakwah. Asri ingin membuktikan bahwa bukan hanya pria saja yang bisa menjadi pelindung dan pengayom masyarakat. “Wanita juga bisa melaksanakan tugas itu,” tegasnya.

Asri menyadari betul untuk menjadi polisi tidaklah mudah. Maka sedari dini berusaha mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya terutama dalam pembiasaan kedisiplinan. Hobinya olahraga volly dan bulutangkis menjadi nilai plus untuk mendukung cita-citanya. Selain itu aktif di paskibra menjadi pilihan untuk membina diri dan menempa kedisiplinan.

Prestasi yang ditorehkannya pun cukup banyak. Saat di TK berhasil meraih Juara 3 Lomba Mewarnai dan Juara 1. Kemudian saat di SD ia langganan Juara 1 mulai kelas 1 sampai kelas 6. Di bidang pramuka SD ia pernah menjadi Komandan Pleton (Danton) terbaik ketiga, kedua dan pertama. Prestasi akademiknya yang tertinggi saat berhasil meraih Juara Umum ke-1 di kelas 7 MTs Negeri Kota Cimahi. Saat ulangan harian mapel PPKn beberapa waktu lalu ia satu-satunya siswa yang meraih nilai 100 (sempurna).

Ada yang menarik dari diri Asri. Saat lulus SD memiliki nilai tertinggi dan lebih memilih bersekolah di MTs Negeri Kota Cimahi ketimbang SMP pavorit sekalipun.

”Saya bersekolah di MTs dengan harapan saya memiliki akhlak yang baik. Selain itu saya bisa mendalami ilmu agama. Saya merasa senang bersekolah di MTs Negeri Kota Cimahi,” ungkap siswi yang mengidolakan Ade Pawaz, S.Pd. tersebut.

Ada kenangan terindah yang selalu dikenangnya. “Saat itu saya masih duduk di bangku TK. Saya bersama saudara pergi ke Natural Hill. Di sana saya bermain juga belajar. Pemandangannya sungguh indah dan itu menjadi kenangan terindah bagi saya sampai sekarang,” paparnya sembari tersenyum.

***