Guru Madrasah Deklarasikan Asosiasi Guru Madrasah Penulis

Jakarta (Kemenag) — Guru madrasah penulis perwakilan dari 8 (delapan) provinsi mendeklarasikan Asosiasi Guru Madrasah Penulis Indonesia (Agumapi). Deklarasi dilakukan di hadapan tiga ratus lima puluh lebih peserta seminar nasional bertajuk ‘Profesionalisme Guru di Era Digital’ yang diselenggarakan oleh FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Kamis (18/05).

Ketua Panitia Deklarasi Deni Kurniawan Asari mengatakan, Agumapi merupakan organisasi yang menghimpun dan mewadahi para guru madrasah penulis di seluruh Indonesia. Berdirinya organisasi ini didorong oleh keinginan untuk memberikan sumbangan tenaga dan pemikiran demi mewujudkan umat yang cerdas, berakhak mulia, dan berkontribusi pada pembangunan bangsa dan negara.

Keberadaan Agumapi, lanjut Deni, diharapkan mampu memberikan spirit baru bagi guru madrasah dalam meningkatkan kemampuan menulis secara bersama-sama.

“Kita melihat bahwa guru madrasah penulis belum terwadahi dalam sebuah organisasi. Semoga dengan adanya Agumapi para guru madrasah penulis dapat saling berkolaborasi dan bersinergi untuk meningkatkan kemampuan menulis di kalangan guru madrasah,” ungkap guru MTs Negeri Majenang tersebut.

Hadir dalam acara tersebut Dede Rosyada, Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang juga Dewan Pembina Agumapi, Kamaruddin Amin Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kemenag RI, Poppy Dewi Puspitawat Direktur Pembinaan Pendidikan Dasar Kemdikbud RI, Abuddin Nata guru besar UIN Jakarta dan Yaya Sukjaya Kusumah Direktur PPS UPI. Kelimanya merupakan narasumber seminar nasional FITK.

Nuraedah, salah satu peserta deklarasi asal Sulawesi Selatan mengemukakan, Agumapi merupakan wadah guru madrasah penulis untuk saling berbagi. “Dengan terbentuknya Agumapi ini, insya Allah dunia kepenulisan di kalangan guru madrasah akan lebih bergairah. Agumapi sudah memiliki web beralamat di www.agumapi.org yang menampung karya tulis guru madrasah. Melalui web itu kita saling belajar dan berbagi satu dengan yang lainnya. Semangat kita adalah berkarya, berbagi dan mengabdi,”ujar Kepala MTs Negeri 1 Jeneponto.

Dalam kesempatan seminar nasional tersebut para pengurus Agumapi dikukuhkan dan dilantik oleh Dede Rosyada selaku Ketua Dewan Pembina. Kepengurusan inti Agumapi periode 2017-2022 terdiri Ketua Umum Siska Yuniati (DIY), Ketua I Intan Irawati (Jakarta), Ketua II Ruba Nurzaman (Jabar), Ketua III Nuraedah (Sulsel) dan Ketua IV Eza Avlenda (Bengkulu).

Sekretaris Umum dijabat oleh Deni Kurniawan Asari (Jateng), Wakil Sekretaris Umum, Urip (Kalteng). Sedangkan Bendahara Umum dipegang Susianah Manisih (Jakarta)

“Saya percaya bahwa saudara-saudara akan melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya sesuai tanggungjawab yang dibebankan di atas pundak saudara-saudara,” tutur Dede Rosyada saat melantik para pengurus. (deni/mkd/mkd)

Sumber: kemenag.go.id