Guru Musti Bisa Menulis

“Sehebat apapun guru kalau tidak mampu menulis, maka akan terhambat dalam peningkatan prestasinya,’ demikian ungkap Drs. H. Gunawan, M.Pd mewakili Kepala Balai Diklat Keagamaan Semarang saat membuka Diklat Teknis Substantif Peningkatan Kompetensi Publikasi Ilmiah bagi Guru Madrasah di Wilayah Kankemenag Cilacap bertempat di MTs Negeri Majenang, Senin (23/1/2017) kemarin.

“Kita harus berprasangka baik bahwa peserta memiliki kemampuan menulis karena pernah menulis karya ilmiah saat penyelesaian S1 atau S2. Barangkali selama ini tertidur sehingga perlu dimotivasi. Menulis karya ilmiah itu tidaklah sulit, yang sulit itu memulainya,’ tegasnya.

Selanjutnya beliau menjelaskan salahsatu tujuan DDWK ini untuk memberikan motivasi kepada para guru untuk memulai menulis.

Adapun Pengawas Kankemenag Cilacap, H. Adang, S.Pd., M.Pd mengemukakan kalau zaman dahulu peserta diklat itu dipanggil ke Badiklat Semarang, sekarang dari Semarang datang ke sini.

“Sekarang dari hulu ke hilir karena kita membutuhkannya untuk peningkatan karir,” papar pria asli Garut tersebut. Ia kemudian menekankan DDWK tidak menghilangkan essensi diklat sebagai penjaminan mutu pendidikan. Peserta diharapkan jangan hanya sekedar untuk mendapat sertifikat semata.

Selama lima hari, Senin-Jum’at, 23-27 Januari 2017 mulai pukul 07.30-17.45 WIB sebanyak tiga puluh lima guru dari MI, MTs dan MA di Wilayah Kerja Kantor Kemenag Kab. Cilacap—-eks distrik Majenang akan digembleng untuk memperoleh materi tentang Publikasi Ilmiah meliputi Dasar-dasar Publikasi Ilmiah, Juknis dan Bentuk Publikasi Ilmiah, Publikasi Ilmiah dalam bentuk buku, tulisan ilmiah populer, modul atau diktat. Para peserta merupakan guru-guru pilihan dan terbaik sehingga diberi kesempatan mengikuti diklat.

Kegiatan DDWK dilaksanakan di Aula MTs Negeri Majenang dan dibuka langsung oleh Kepala Balai Diklat Keagamaan Semarang yang diwakili oleh Bapak Drs. H. Gunawan, M.Pd. Adapun narasumber berasal dari Balai Diklat Keagamaan (BDK) Semarang terdiri dari Drs. H. Gunawan, M.Pd., dan Drs. Mahfud, M. NLP.

***