PKS Gelar Lomba Penulisan Bertema Kebangsaan

Partai Keadilan Sejahtera mengadakan Lomba Penulisan dengan tema Kebangsaan. Ada sepuluh tema yang ditawarkan meliputi: 1) Islam dan Patriotisme Kebangsaan: Tantangan untuk generasi muda,  2) Spirit Agama Sebagai Fundamental Wawasan Nasionalisme Indonesia, 3) Menumbuhkan Semangat Nasionalisme religius Pemuda Indonesia, 4)  Nilai Ketuhanan sebagai Landasan Perbaikan Kehidupan Berbangsa dan Bernegara, 5)  Perwujudan cita-cita Islam dalam Kebersamaan Kebangsaan, 6) Menggali nilai sosial Islam dalam pembangunan kerakyatan, 7) Semangat Islam dalam Sejarah Nasional Indonesia, 8)  Spirit Islam, Nasionalisme & Modernitas, 9) Menggali Akar Kehidupan religius di Nusantara Pesantren dan  10)  Wawasan Kebangsaan Indonesia.

Adapun persyaratan peserta yaitu : WNI, Siswa SMU atau sederajat yang berdomisili di seluruh wilayah Indonesia (dibuktikan dengan Kartu Tanda Pelajar yang berlaku). Selanjutnya mahasiswa Indonesia yang kuliah di perguruan tinggi, baik di dalam maupun di luar wilayah Indonesia  (dibuktikan dengan Kartu Tanda Mahasiswa yang berlaku). Dalam lomba ini setiap peserta hanya diperkenankan untuk mengikutsertakan satu tulisan asli.

Bagi peserta dari kategori Pelajar memenuhi sebagai siswa SMA, Madrasah Aliyah, Pesantren atau Sederajat. Sedangkan kategori Mahasiswa (Sedang Menempuh S1) kemudian kategori umum adalah lulusan S1, S2, S3 & Masyarakat Umum. Terakhir kategori Ibu Rumah Tangga dan kategori Wartawan.

Bagi peserta yang ingin mengikuti lomba ini harus memperhatikan sejumlah ketentuan yakni: tulisan asli dan belum pernah mendapatkan penghargaan pada lomba penulisan lain, Jenis tulisan Esai Populer yang menggugah rasa religiusitas dan nasionalisme Indonesia di tengah perubahan tatanan dunia. Adapun tulisan harus menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar dengan format terdiri dari 1500–2000 kata, font Arial 11, dengan  spasi: 1,5 menggunakan kertas A4 batas pengetikan samping kiri 4, samping kanan 3 batas atas dan bawah masing-masing 3. Selanjutnya tulisan harus dilampiri dengan Biodata singkat penulis (nama, alamat, no contact, pendidikan terakhir, foto terbaru), fotokopi Kartu Pelajar/Kartu Mahasiswa/KTP yang masih berlaku.

Tulisan dikirim melalui alamat email sesuai kategori yang dipilih. Pelajar ke esaipelajar.fpks@gmail.com, mahasiswa ke esaimahasiswa.fpks@gmail.com, umum ke esaiumum.fpks@gmail.com, ibu rumah tangga ke esaibunda.fpks@gmail.com dan wartawan ke esaiwartawan.fpks@gmail.com

Sejumlah kriteria pemenang ditetapkan sebagai berikut: Format penulisan (Bobot 10%),  Data dan sumber informasi (25%), Kesesuaian topik dan manfaat tulisan (15%) dan Pembahasan dan kesimpulan (50%)

Beberapa tokoh menjadi dewan juri lomba yaitu: akademisi Prof. Dr. Siti Zuhro, MA, Penulis M.Irfan Hidayatullah, M.Hum, dan Anggota FPKS yang juga Wakil Ketua MPR RI Dr. Hidayat Nurwahid, MA.

Waktu pengiriman tulisan dibuka tanggal 8 Desember 2016 dan ditutup tanggal 28 Februari 2017 Pk. 24.00 WIB. Adapun pemenang akan diumumkan pada 20 April 2017 (menyesuaikan dengan syukuran Milad PKS ke 19). Lomba akan diumumkan melalui media cetak elektronik dan media social.

Bagi pemenang ada hadiah menanti yakni disediakan untuk setiap kategori.  Pemenang tiap kategori lomba akan mendapatkan  juara Juara 1 sebesar Rp 7.500.000, juara 2 sebesar Rp 5.000.000 dan juara 3 sebesar 3.500.000. Selain berupa uang pembinaan seluruh peserta akan mendapat e-certificate.

Sumber lomba : FPKS