Tak Ada Pilihan Selain Ikhlas

Hidup ini tak selalu sesuai dengan harapan. Ada kalanya dan sering terjadi kenyataan jauh dari harapan. Bahkan sesuatu yang paling tidak terduga sebelumnya terjadi dan itu begitu mengecewakan. Rasanya ingin berlari jauh dari masalah berat tersebut. Ingin rasanya menghindar dan terus menghindar. Namun, apa daya menghindar bukannya menyelesaikan masalah bahkan semakin memperburuk keadaan.

Nah, pada saat seperti itulah tak ada pilihan lain selain berusaha untuk ikhlas. Ya, ikhlas untuk nrimo dengan apa yang terjadi sembari terus berupaya mencari cara menyelesaikan permasalahan dengan sebaik-baiknya. Mau menolak pun tidak bijak bahkan akan membuat rasa sakit di hati semakin menjadi. Kemampuan diri untuk mengikhlaskan merupakan syarat penting keluar dari permasalahan yang ada. Ikhlas bukan berarti berpangku tangan atau berdiam diri. Terus berjuang untuk keluar dari permasalahan yang ada.

Sejatinya permasalahan yang muncul akan lebih mendewasakan diri. Dengan permasalahan itulah diri ditempa, dilatih dan dididik untuk siap menghadapi berbagai kemungkinan yang terjadi. Perjalanan hidup tidak selalu lurus dan mulus. Adakalanya menghadapi belokan, jalan licin, berbatu dan terjal bahkan sangat curam. Semua merupakan sarana untuk belajar dan terus belajar.