Dishubkominfo Berikan Penyuluhan Keselamatan Berkendara Motor

60 siswa MTs Negeri Majenang, Selasa (22/9) kemarin mengikuti penyuluhan tentang keselamatan berkendara motor di jalan raya. Mereka dibekali dengan pengetahuan cara berkendara yang baik dan aturan rambu-rambu lalu lintas. Bertindak selalu narasumber 4 aparat dari Dinas Perhubungan dan Komunikasi Informatika, Kabupaten Cilacap.

Dalam paparannya Bapak Waluyo selaku narasumber membahas tentang “Perlukah Pelajar Membawa Sepeda Motor ke Sekolah?” Menurutnya sepeda motor, selain berguna untuk alat transportasi, sebenarnya memiliki banyak sisi negatif yang merugikan. Selain menambah macet dan polusi udara, masih ada hal-hal negatif lainnya seperti membuat manusia malas jalan, mesin pembunuh dan munculnya tindak kriminalitas.

“Sudah tak terhitung pelajar yang hidupnya berakhir di jalanan karena kecelakaan motor. Kematian akibat kecelakaan motor merupakan yang paling tinggi diantara alat transportasi lain,” tuturnya.

Beliau juga menambahkan bahwa siswa yang membawa kendaraan motor sering menjadi korban perampokan. Mereka dianggap lebih mudah ditaklukkan karena pertahanan yang kurang maksimal. Tak terkecuali dilakukan oleh orang-orang terdekat di lingkungan sekitar.

Selain pemaparan dengan menggunakan LCD dan power point, narasumber menyelingi dengan menampilkan photo-photo dan video seputar pelajar yang sering melakukan pelanggaran.

Kepala MTs Negeri Majenang, H. Moch. Makhrus, S.Pd., M.Pd mengapresiasi kegiatan penyuluhan. ”Kami menyambut baik acara penyuluhan ini sekaligus menyampaikan ucapan terima kasih kepada Dishubkominfo Kabupaten Cilacap yang telah memilih MTs Negeri majenang. Kegiatan penyuluhan ini sangat bermanfaat bagi anak didik kami,” tegasnya.

Acara berlangsung lancar dan pada sesi terahkhir diadakan tanya-jawab. Beberapa siswa nampak antusis mengajukan pertanyaan kepada narasumber.