Menjadi Kontributor di Wikipedia

Menulis seolah ingin menjadi bagian hidup saya. Belum ada memang karya yang patut dibanggakan, terutama berupa buku. Beda dengan teman-teman yang begitu produktif menulis buku. Saya termasuk yang ketinggalan jauh.

Keinginan untuk terus menulis selain melalui media web/blog milik sekolah atau organisasi, dalam beberapa tahun terakhir ini saya ikut menjadi kontributor di wikipedia. Web yang menyatakan diri sebagai ensiklopedia bebas tersebut menarik perhatian saya. Dalam sebulannya saya ingin bisa berkontribusi menulis. Minat saya berkaitan dengan dunia pendidikan seputar organisasi atau tokoh pendidikan.

Ada hikmah dibalik sesuatu. Saya merasa ketika mau menulis profil tokoh maka saya dapat berkenalan dengan tokoh tersebut. Ada kebahagiaan tersendiri saat berkomunikasi dengan tokoh yang hebat. Diantaranya ada rektor dan guru besar.

Semoga sedikit banyak kontribusi dapat memberikan manfaat. Namun, menarik apa yang dikatakan oleh Yonas Suharyono, seorang guru yang aktif menulis bahwa dia seeprti sudah “gila” karena mengakrabi dunia penulisan.

***