Makna Hari Guru Menurut para Guru

Hari ini, Selasa (25/11) diperingati sebagai hari guru nasional dan HUT PGRI ke-69. Sebagai bagian dari guru, ulasan ini akan membahas makna hari guru tahun 2014 yang disuarakan oleh guru sendiri.

Pendapat yang dikemukakan para guru ini boleh jadi merupakan sebagai bentuk evaluasi, refleksi, dan koreksi mengenai profesi guru. Pendapat dari para guru  ternyata beragam. Ada yang  penuh optimisme dan harapan namun ada pula yang seperti pesimis. Beragam. Itu mungkin yang pas menggambarkan pendapat para guru tersebut.

septii

Septiningsih, S.Pd., M.Pd. seorang kepala SMP Negeri di Purbalingga mengatakan makna hari guru tahun ini terasa hambar.

“Menurut saya hari guru tahun ini rasanya hambar. Saya melihat para guru dalam kebingungan meskipun memiliki semangat,” ujar pengurus Agupena Purbalingga itu.

Boleh jadi pandangan ini dengan melihat fenomena kebijakan penerapan kurikulum 2013 yang setengah hati.

Pendapat berbeda disampaikan Ahmad Fathoni, S.Pd., M.Pd. “Guru adalah penentu utama masa depan anak anak bangsa….perjuangan guru tidak akan pernah berhenti sampai kapanpun untuk menciptakan generasi penerus bangsa,” demikian ungkap Kepala SMP Negeri 1 Majenang. Pandangan senada dilontarkan Diana Susilawati, S.Pd guru SMA Negeri di Lampung. “Guru harus lebih bekerja keras untuk mempersiapkan SDM yang lebih baik dalam menghadapi MEA,” ujarnya.  “Selain itu  juga SDM yang berkarakter baik,  untuk revolusi sosial dan politik.”

Adapun Sismanan, S.Pd yang kesehariannya menjabat Kepala MA Muhammadiyah Purwokerto berpandangan bahwa hari guru sebagai momen penting evaluasi tugas guru. “Hari guru merupakan moment bagi guru untuk evaluasi pelaksanaan tugasnya. Sudahkah maksimal mendidik kader bangsa?”

Pendapat lebih singkat dan simpel disampaikan Ali Mansur, S.Pd, guru di MTs Negeri Karangpucung yang menyatakan bahwa guru harus lebih amanah. Pendapat ini sangat singkat namun maknanya begitu dalam.

Apapun makna hari guru tahun ini, saya ucapkan selamat hari guru untuk para guru Indonesia. Jadilah guru yang dapat menginspirasi bagi anak didiknya.

Semoga kesuksesan senantiasa menyertai para guru Indonesia, dimanapaun berada.

***