Beban Berat ini Harus Ditanggung

Hidup di dunia sudah ada yang mengatur. Ada anak yang lahir dari keluarga mapan sehingga hidupnya berkecukupan. Namun tak sedikit lahir dari keluarga yang pas-pasan atau bahkan tidak mampu.

Sebut saja Andi. Seorang anak yang masih berusia 11 tahun. Ia ditinggal pergi ayahnya entah ke mana. Jadilah ia tinggal bersama neneknya yang sudah tua renta. Bukannya nenek yang merawat dan membiayai Andi namun sebaliknya, Andilah yang harus merawat sang nenek yang sebatangkara.

Apa yang dialami Andi seakan menjadi pertanda bahwa hidup memang tak selalu sesuai harapan. Usia yang masih sangat muda bahkan anak kecil seperti Andi harus menanggung beban berat kehidupan. Di luar sana, masih banyak Andi yang lainnya yang hidupnya harus menanggung beban berat yang tak sebanding dengan usianya.

Harusnya berjibaku dengan buku pelajaran di sekolah, namun ia justru berpeluh keringat berjualan demi mempertahankan hidup. Saat  anak lain seusianya asyik  bermain, ia harus menghadapi pembeli untuk memperoleh uang recehan. Ya, uang recehan untuk kemudian ia kumpulkan untuk membeli sebungkus nasi dirinya dan juga neneknya.

***