Syair Hymne Madrasah Mengingatkan Masa Silamku

Beberapa minggu ini Atik Wigyati, S.Pd. salah satu guru yang mengampu mapel seni budaya mengajari siswanya untuk bernyanyi. Salah satu lagu yang sering terdengar saat pembelajaran seni budaya itu hymne madrasah. Hymne madrasah dan mars madrasah menjadi lagu yang harus dikuasai oleh warga madrasah. Nampak para siswa begitu antusias menyanyikan lagu tersebut. Mereka dengan khusyu dan penuh semangat mengalunkan syair hymne madrasah itu yang merdu.

Beberapa guru yang mendengar lagu tersebut sempat berujar isi lagu hymne madrasah cukup dalam maknanya. Bahkan saat hymne itu dinyanyikan oleh paduan suara siswa saat upacara bendera beberapa minggu lalu ada sebagian siswa dan guru yang terkesima dan larut menikmati nyanyian itu. Beberapa diantaranya termasuk saya sempat berkaca-kaca karena terharu.

Jikalau didalami isi hymne madrasah itu memang membangkitkan perasaan yang mengharu biru terutama bagi mereka yang turut berjuang melalui madrasah. Ada perasaan yang berkecamuk dalam dada ini ketika menikmati syair hymne itu. Terbayang masa-masa dahulu, saat lulus kuliah berkeinginan menjadi seorang guru. Rupanya Allah SWT mengabulkan keingianan saya tersebut. Sekarang ini saya menjadi guru dan ditakdirkan berjuang melalui madarasah. Dulu, hal ini tidak terbayangkan. Menjadi guru di madrasah ——maaf bukan SMP/SMA, bagi saya menjadi anugerah dan berkah tersendiri.

Ya ya, hymne madrasah ini membuat saya kembali mengenang ke zaman dulu, ketika masa-masa perjuangan. Saat ujian, tantangan dan pernak-pernik kehidupan harus dihadapi dengan senyuman bahkan tangisan.

Berikut syair dari hymne madrasah yang telah membuat saya lebay itu.

Dengan ungkapan syukur padaMu
Atas segala karunia Ya Allah
Kau embankan amanat pendidikan
Dalam melanjutkan perjuangan

Dengan ungkapan syukur padaMu
Atas segala karunia Ya Allah
Kau embankan amanat pendidikan
Dalam melanjutkan perjuangan

[Reff]
Madrasah tumpuan harapan umat
Membentuk jiwa berakhlakul karimah
Menjawab arus tantangan zaman
Menjadi benteng runtuhnya moral

Kau ajarkan arti kehidupan
Melalui tuntunan keislaman
Dalam bingkai citra pendidikan
Tuk menggapai cita-cita mulia

Adapun lagunya yang syahdu dapat didownload di sini