Sayembara Penulisan Naskah Buku Pengayaan Kembali Digelar

Pusat Kurikulum dan Perbukuan (Puskurbuk), Balitbang, Kemdikbud kembali membuka kesempatan untuk mengikuti Sayembara Penulisan Naskah Buku Pengayaan. Sayembara tahun ini diperuntukkan lebih luas meliputi siswa, mahasiswa, pendidik dan tenaga kependidikan bahkan masyarakat luas.

Tema penulisan penulisan pada tahun ini bertajuk “Membangun manusia Indonesia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, Berkarakter, Cerdas, Cakap, Kritis, Kreatif, Inovatif, dan Kompetitif di Era Global.” Nampknya tema ini cukup menarik dan terkesan bombastis di tengah kemerosotan moral sebagian remaja kita saat ini. Namun, dengan tema ini seolah ingin menyadarkan bahwa krisis multidimensi saat ini perlu mendapat perhatian seluruh komponen masyarakat. Salah satu upayanya melalui penulisan buku pengayaan. Menurut pamplet yang disebarluaskan oleh panitia—–Puskurbuk, buku pengayaan merupakan buku yang memuat materi yang dapat memperkaya buku teks pelajaran pada jenjang pendidikan dasar dan menengah.

Beberapa tahun sebelumnya sayembara ini hanya bagi para pendidik dan tenaga pendidik. Namun, dua tahun belakangan ini para siswa, mahasiswa dan umum pun dapat ambil bagian dalam sayembara yang memperebutkan hadiah total lebih dari Rp 1.000.000.000,00 (baca : 1 milliar) untuk 57 pemenang dari 9 jenis naskah yang diperlombakan tersebut. Tentu, hadiahnya cukup menggiurkan. Setiap peserta dituntut untuk mengirimkan karya atau naskah buku terbaiknya. Mengingat persaingan dalam sayembara ini sangat ketat. Para juri merupakan tokoh penulis terkenal yang sudah malang melintang dalam jagat penulisan di Indonesia.

Siap menang dan siap kalah barangkali prinsip yang musti dipegang erat oleh siapa pun yang berminat untuk mengikuti sayembara tahunan ini. Bayangkan, setelah berjibaku menyusun naskah buku berhari-hari, berminggu-minggu atau berbulan-bulan, namun kemudian saat pengumuman tidak muncul namanya maka kesiapan mental sesuatu yang niscaya.

Pengiriman naskah sayembara ini ditutup paling lambat pada 6 September 2013. Adapun pengumuman pemenang dan sekaligus pembagian hadiahnya pada November 2013. Untuk kategori pendidik, tenaga pendidik, mahasiswa dan umum sang juara 1 akan membawa pulang Rp. 25.000.000,00
****
Bagi yang ingin mengikuti silakan baca syarat dan ketentuan lainnya di sini atau di sana.
Selamat mencoba!