“Saya Ingin Menjadi Guru Fisika”

“Saya bercita-cita ingin menjadi guru fisika,” ungkap Iis Meinarwati, siswi kelas 8B MTs Negeri Majenang itu. Boleh jadi keinginannya tersebut tidak salah. Pekan lalu ia berhasil menyabet juara 1 Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat kabupaten Cilacap bidang fisika. Kompetisi Sains Madrasah (KSM) bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan sains di madrasah secara komprehensif melalui penumbuhkembangan budaya belajar, kreativitas, dan motivasi meraih prestasi terbaik dalam ridha Tuhan Yang Mahakuasa. Ada tiga bidang yang dilombakan dalam KSM yaitu matematika, biologi dan fisika.

Gadis cantik yang aktif di eskur jurnalistik itu mampu meraih nilai tertinggi dengan mengalahkan rivalnya dari berbagai MTs se-Cilacap. Dia harus mengerjakan 60 soal fisika yang dibuat secara khusus dari kemenag pusat. Atas prestasinya itu, Iis membawa pulang piala dan berhak maju ke lomba tingkat provinsi yang akan digelar di Pekalongan pada 8 Juni mendatang.

Iis Meinarwati lahir di Cilacap, pada tanggal 12 Mei 1999 sebagai anak pertama dari dua bersaudara. Ia lahir dari pasangan Seno Andiyono dan Supiyanti. Dalam kesehariannya, siswi itu rajin dan aktif dalam pembelajaran. Tak pelak setiap semester langganan rengking 1. Selain itu dia terlibat dalam kegiatan OSIS.

Menurut Ariesta Indriawati, S.Pd. selaku pembimbing, Iis termasuk siswi yang cerdas dan daya nalarnya bagus. “Saya hanya membantu menajamkan daya nalarnya. Selebihnya belajar dan latihan soal yang lebih optimal,” ungkap guru IPA tersebut.

Dimuat di Suara Merdeka pada Tilik Kampung