Focus Discussion Group Guru PKn MTs Cilacap

Rabu, 21 Mei 2013 mulai pukul 09.00-13.00 WIB bertempat di Ruang Rapat Kementerian Agama Cilacap diselenggarakan Fokus Discussion Group yang diikuti oleh 10 orang guru PKn yang mewakili 5 MTs negeri dan 5 MTs swasta di Kabupaten Cilacap. Acara diskusi berlangsung seru, menarik dengan suasana yang menyenangkan. Kegiatan diskusi yang difasilitasi oleh Seksi pendidikan Madrasah Kemenag Cilacap dan Balitbang Keagamaan Semarang tersebut mengambil topik Pembelajaran PKn Berbasis Religi.

Banyak hal yang didiskusikan mulai dari perencanaan , pelaksanaan dan penilaian pembelajaran PKn dengan berbasis religi. Target dari hasil diskusi berupa masukan atau rekomendasi kepada kemenag pusat terkait akan diberlakukannya kurikulum 2013. Kalau tidak ada perubahan direncanakan dalam kurikulum 2013, mapel PKn akan ditambah jamnya dari semula dua jam menjadi tiga jam. Dengan rencana penambahan jam tersebut, diharapkan pembelajaran PKn disajikan dengan lebih menarik dan berbasis religi.

“Pembelajaran berbasis religi nantinya menjadi penting dalam pembelajaran PKn di tengah kemerosotan moral sebagian pelajar saat ini,” ungkap Aji Sopanudin dari Balitbang Keamagamaan Semarang yang sekaligus selaku fasilitator diskusi.

Dalam kesempatan yang sama, Makmur Kherudin, S.H., M.Si selaku Kasi Pendidikan Madrasah Kemenag Cilacap menyambut baik kegiatan diskusi. Menurutnya peran guru PKn sangat penting dalam rangka ikut membentuk siswa yang bertaqwa dan berakhlaq mulia. Kedepan seiring pemberlakuan kurikulum 2013 guru PKn harus lebih maksimal dalam proses pembelajaran.

***