Ngeblog itu Menyenangkan dan Perlu

Saya tidak ingat persis semenjak kapan mulai mengenal blog. Antara tahun akhir 2007 atau awal 2008. Pertama kali melihat tampilan blog saat seorang teman yang juga guru memberitahukan bahwa dia sudah punya blog. Dia menginformasikannya dengan penuh bangga. Secara panjang lebar dia menyarankan saya untuk juga memiliki blog. Saat itu blogspot.com menjadi pilihan dia tawarkan. Menurut teman saya itu, memiliki blog banyak manfaatnya. Paling tidak kita termotivasi untuk menulis dan tulisannya bisa apa saja—-bebas.

Kini, tidak terasa sudah hampir 4 tahun saya ngeblog. Saya akui aktivitas ngeblog saya tidak seperti teman lainnya yang begitu aktif. Boleh jadi selama empat thun ngeblog itu juga belum banyak manfaat yang bisa saya raih seperti yang dikemukakan teman saya saat pertama kali mengenalkan dunia blog. Namun, harus saya akui secara jujur bahwa saya tidak menyesal mengenal dan kemudian ngeblog sampai sekarang. Manfaat yang diperoleh saya pikir tidak harus sama antara orang satu dengan yang lainnya. Yang jelas, saya merasa enjoy dengan aktivitas ngeblog. Bahkan menurut saya ngeblog itu perlu terutama bagi guru seperti saya.

Memotivasi Menulis
Saya sendiri merasakan bahwa dengan ngeblog dapat memotivasi untuk menulis dan terus menulis. Apa yang dipikir, dirasa, diamati dan dialami dapat menjadi bahan tulisan dan setidaknya hal tersebut sedikit banyak semoga akan memberi manfaat kepada orang lain. Di samping itu saya pun merasakan ada pemenuhan hobi saya. Melalui ngeblog itu pula saya dapat membaca dan mengambil hikmah dari tulisan teman lain yang sama-sama ngeblog dengan begitu banyak jenisnya.

Kalau teman-teman saya yang aktif ngeblog sudah merasakan imbas dari ngeblognya berupa materi atau sejenisnya maka saya barangkali tertinggal. Namun, sedari awal niat saya ngeblog bukan untuk mendapat sumber penghasilan tetapi lebih kepada aktualisasi diri dan penyaluran hobi. Semoga ada sisi lain yang berefek yakni memberi manfaat kepada yang lain.

Saat ini saya mengelola beberapa blog. Semua saya lakukan dengan tetap enjoy walau tanpa timbal balik apa pun secara langsung—–terutama materi. Semua saya lakukan sebagai bentuk kontribusi terhadap dunia pendidikan semata. Diantara beberapa blog tersebut adalah www.mtsnmajenang.blogspot.com, www.ispi.or.id, www.ispi-banyumas.blogspot.com, www.penadeni.com dan beberapa bulan ini saya sedang mengoprek www.soedijarto.blogspot.com sebuah blog yang memuat jejak, kiprah dan karya Prof. Dr. H. Soedijarto, M.A. sosok yang menurut saya luar biasa dan menginspirasi insan pendidikan di tanah air.
***