Kreasi siswa pada Acara Pelepasan Kelas IX MTs Negeri Majenang

Para guru MTs Negeri Majenang Kabupaten Cilacap, Selasa (29/5) lalu, melepas para siswa kelas IX. Acara pelepasan dipenuhi dengan berbagai kreasi siswa mulai pembacaan puisi, pidato bahasa Arab, hadroh, pembacaan asmaul husna, band siswa, paduan suara, tarian, geguritan dan lainnya.

Acara pelepasan itu menjadi tambah semarak ketika Atik Wigyati, S.Pd. guru seni budaya berduet dengan salah seorang siswi menyanyikan lagu berjudul “Ayah” dari Rinto Harahap. Nampak diantara para hadirin ada yang terharu bahkan menangis karena teringat akan jasa seorang ayah.

Hadir dalam acara itu Camat Majenang, H Tasimin, SE, M.M., Kepala KUA Majenang, Perwakilan UPT Disdikpora Majenang, Pengawas Rumpun MTs Cilacap Barat, Komite MTs Negeri Majenang, para Kepala SD/MI Se-Majenang, orang tua wali siswa kelas IX dan tamu undangan lainnya.

Kepala MTs Negeri Majenang, H. Moch. Makhrus, S.Pd., M.Pd. dalam sambutannya menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada semua pihak yang telah ikut mensukseskan dan menghadiri acara pelepasan. “Dengan ini kami selaku pihak madrasah mengembalikan putra/i panjenengan kepada bapak/ibu,” ujarnya.

Prestasi

Pada kesempatan itu, Kepala MTs negeri Majenang juga mengungkapkan bahwa telah banyak prestasi yang dicapai siswa-siswi MTs selama ini. “Alhamdulillah tahun ini ada siswa kelas IX yang bernama Mufid Abdilah lolos seleksi dalam penerimaan peserta didik baru di MAN Insan Cendekia Serpong,” ungkapnya. Adapaun Tasimin, SE., M.M. berharap agar siswa-siswi dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. “Silakan putra/i bapak ibu disekolahkan di SLTA yang ada di Majenang yang kualitasnya tidak kalah dengan sekolah di daerah lain,” papar lelaki yang rajin sholat berjama’ah tersebut.

Pesan yang tidak kalah pentingnya disampaikan Ketua Panitia Pelepasan, Okah Imtikhanah, S.Pd yang berharap agar para siswa setelah tamat dari MTs tidak melupakan apa-apa yang telah diberikan oleh bapak/ibu guru selama di madrasah. Selain itu diharapkan untuk selalu bersemangat menatap masa depan. “Raih prestasi gemilang dan bawa nama baik MTs Negeri Majenang dimanapun kalian berada,” tegasnya.

Perpisahan tersebut dibarengkan dengan Peringatan Isra Mikraj dengan pembicara KH. Drs. Chanifan Fauzi dari Kawunganten. Dalam tausitahnya beliau memaparkan tentang pentingnya sholat dan menuntut ilmu. “Semoga dengan peringatan ini kita yang sebelumnya masih bolong dalam sholat menjadi rajin sholat. Yang sebelumnya tidak berjama’ah dapat aktif ke mesjid,” paparnya dengan semangat. Uraian hikmah dari Mantan Kasi Urais Kemenag Cilacap tersebut terasa menarik dan tidak membosankan karena mampu menyampaikan dengan guyonan yang segar. Kelihatan para hadirin dan siswa menyimak dengan penuh antusias.
****