Harapan Siswaku di Hardiknas 2012

Hari ini 2 Mei 2012 diperingati sebagai Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas). Rutinitas perayaan pun sering digelar. Salah satunya upacara bendera dan para peserta diminta menyimak sambutan Mendikbud yang dibacakan oleh para pembina upacara. Acara tasyakuran dan do’a pun dipanjatkan hampir di setiap instansi pendidikan. Termasuk ada pula yang menyemarakkannya dengan mengadakan lomba-lomba.

Bahkan jauh-jauh hari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah menetapkan tema peringatan hardiknas tahun 2012 ini dengan bunyi yang cukup bombastis: “Bangkitnya Generasi Emas Indonesia”.

Lantas bagaimana harapan anak bangsa dalam hal ini siswa/i MTs Negeri Majenang terkait dengan momentum hardiknas ini. Apa yang mereka inginkan? dan apa yang mereka harapkan?

Berikut sebagian cuplikan dari mereka. Semoga Pak Mendikbud sempat membaca harapan para siswa/i ini.

Peni Sari
Siswi Kelas VII A, Wakil Bendahara Redaksi Bulletin IQRO dan Pengurus OSIS MTs Negeri Majenang

“Harapan saya adalah kualitas pendidikan di Indonesia tambah maju. Biaya pendidikannya pun jangan terlalu mahal karena kasihan banyak anak yang tidak mampu akhirnya tidak bisa bersekolah. Jangan membedakan yang kaya dan miskin untuk mengenyam pendidikan. Sekolah-sekolah yang tidak layak harus direnovasi. Pemerintah harus lebih memperhatikan keadaan sekolah di Indonesia.

Untuk pelajar dari sabang sampai Merauke jadikanlah pendidikan untuk modal masa depan dan janganlah memandang remeh pendidikan. Pendidikan Indonesia harus merata ke seluruh pelosok nusantara dan ke depan harus lebih baik daripada sekarang. Khusus untuk tenaga pendidik di Indonesia harus ditingkatkan lagi kualitasnya agar pendidikan semakin maju.”

Dasimin
Siswi Kelas VII F, Wakil Ketua OSIS MTs Negeri Majenang

“Semoga pemerintah lebih bijaksana dalam menentukan pembiayaan pendidikan. Mengapa? Karena masih banyak anak-anak Indonesia yang belum menikmati kesempatan sekolah karena terbatasnya biaya. Pemerintah selayaknya betul-betul memperhatikan dan membenahi kualitas guru karena sampai saat ini banyak guru yang tidak kompeten dan bahkan beberapa kasus di media televisi diberitakan bahwa masih ada oknum guru yang menganiaya siswanya sendiri. Semoga pendidikan di Indonesia semakin maju sampai tingkat internasional.”

Iis Meinarwati
Juara 1 Kelas VII C, Wapimred Eskur Jurnalistik MTs Negeri Majenang

“Harapannya pendidikan di Indonesia lebih maju dan berkualitas. Terutama di daerah pedalaman yang pendidikannya masih sangat tertinggal. Pemerintah seharusnya lebih memperhatikan karena anak-anak pedalaman juga sebagai penerus bangsa.

Para guru di Indonesia harus lebih bersemangat dalam mendidik muridnya. pemerintah pun perlu lebih maksimal dalam memperhatikan para guru sehingga mereka dapat menunaikan tugasnya dengan baik untuk mengajari siswa membaca, menulis dan berhitung.”

Fiki Zunaeroh
Juara 1 Kelas VII E, Aktif di Eskur Jurnalistik MTs Negeri Majenang

“Deangan momentum hardiknas ini semoga pendiidkan di Indonesia lebih maju. Saat ini di daerah pedalaman kualitas pendidikan masih rendah. Saya harap pemerintah betul-betul memperhatikan daerah luar Jawa yang masih terisolir. Para guru saya harap lebih jreatif dalam mengajar siswa-siswinya terutama para guru yang ada di pedalaman.Semoga program pemerintah tentang wajib belajar 9 tahun dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya terutama anak miskin dan pemulung.

Kita perlu meneladani tokoh pendidikan ki Hajar Dewantara yang telah berjuang untuk mengembangkan dunia pendidikan Indonesia. Ayo pemerintah terus tingkatkan mutu dan kualitas pendidikan Indonesia agar Indonesia menjadi negara yang maju dan sukses.”