Seminar Nasional “Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Bagi Guru”

A. DASAR PEMIKIRAN
Guru sebagai tenaga profesional mempunyai fungsi, peran dan kedudukan yang sangat strategis dalam mencapai visi pendidikan 2025 yaitu menciptakan insan Indonesia yang cerdas dan kompetitif. Karena itu, profesi guru harus dihargai dan dikembangkan sebagai profesi yang bermanfaat sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang nomor 14 Tahun 2005 tantang Guru dan Dosen.

Sejalan dengan hal tersebut di atas, seorang guru harus terus meningkatkan profesionalismenya melalui berbagai kegiatan yang dapat mengembangkan kemampuannya dalam mengelola pembelajaran maupun kemampuan lain dalam upaya menjadikan peserta didik memiliki keterampilan pembelajaran yang mencakup keterampilan dalam memperoleh pengetahuan (learning to know), keterampilan dalam mengembangkan jati diri (learning to be), keterampilan dalam pelaksanaan tugas-tugas tertentu (learning to do), dan keterampilan untuk dapat hidup berdampingan dengan sesama secara harmonis (learning to live together).

Kegiatan PKB dikembangkan atas dasar profil kinerja guru sebagai perwujudan hasil Penilaian Kinerja Guru yang didukung dengan hasil evaluasi diri. Sesuai amanat Peraturan Menteri Negara Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya, PKB diakui sebagai salah satu unsur utama setelah kegiatan pembelajaran/pembimbingan dan tugas tambahan lain yang relevan dengan fungsi sekolah yang diberikan angka kredit untuk pengembangan karier guru khususnya dalam kenaikan pangkat/jabatan fungsional guru. PKB adalah unsur utama yang kegiatannya juga diberikan angka kredit untuk pengembangan karier guru yang profesional dan PKB mencakup tiga hal; yaitu pengembangan diri, publikasi ilmiah, dan karya inovatif. Selain PKB masih banyak pendekatan untuk meningkatkan karier dan kualitas pendidik misalnya Penelitian Tindakan Kelas (PTK), lesson study, dll.

Oleh karena itu, sudah tidak dapat ditunda lagi bahwa guru harus dapat mengembangkan keprofesiannya sebagai guru secara berkelanjutan. Untuk itu, ISPI menyadari betapa pentingnya mengembangkan profesionalitas (guru) berkelanjutan (PKB) melalui seminar dalam rangka publikasi ilmiah berupa hasil-hasil penelitiannya maupun karya inovatif.

B. TUJUAN
1. Sosialisasi hasil-hasil penelitian yang mendukung dan terkait dengan pengembangan profesi guru.
2. Memfasilitasi para peneliti di bidang pendidikan khususnya profesi guru untuk saling tukar informasi yang bermanfaat bagi pengembangan profesi dan karienya.
3. Menggali isu-isu strategis dalam bidang pendidikan khususnya dalam pengembangan profesi guru.
4. Mengembangkan pemberdayaan guru sebagai trobosan baru dalam pengembangan keprofesian berkelanjutan bagi guru yang lebih sesuai dengan kondisi dan tuntutan keadilan, sehingga mampu mendorong peningkatan kualitas pendidikan.

C. SASARAN

Seminar Nasional “Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan” dirancang dengan melibatkan: Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah, seluruh anggota dan pengurus ISPI Jawa Tengah dan Kabupaten/Kota, dosen-dosen di Perguruan Tinggi Jawa Tengah, dan Guru-guru, yang berjumlah maksimal 200 orang.

D. KONTRIBUSI PESERTA

1. Peserta menyampaikan makalah hasil penelitiannya untuk diseminarkan dan masuk dalam Prociding dengan kontribusi @ Rp. 150.000,- .
2. Peserta menyampaikan makalah hasil penelitiannya yang tidak diseminarkan (bila melebihi target) direview melalui reviewer dan masuk dalam prociding, dengan konstribusi @ Rp 100.000,-.
3. Peserta aktif (tidak menyampaikan makalah), dengan kontribusinya @ Rp. 50.000,-/orang.
4. Bagi perserta yang mengingikan CD prociding memberikan kontribusi @ Rp. 50.000,-
5. Setiap peserta akan mendapatkan snak, makan siang, seminar kit, dan dan sertifikat.
6. Panitia tidak menyediakan penginapan bagi peserta.

E. TEMPAT DAN WAKTU
1. Tempat : Auditorium Muhammad Djasman Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Jl. A. Yani Tromol Pos 1 Pabelan Surakarta, Kartosuro.
2. Waktu : Sabtu 31 Desember 2011


F. NARA SUMBER

1. Keynote Speaker;

a. Prof Dr. Sunaryo Kartadinata, M.Pd (Ketua Umum ISPI Pusat, Rektor UPI).
b. Prof Dr. Bambang Setiaji. (Rektor UMS).
c. Drs. Kunto Nugroho, M.Si (Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah)

2. Pemakalah Utama;

a. Prof. Dr. Trisno Martono. (Ketua ISPI Jateng, Rektor Univet Sukoharjo, dosen UNS)
b. Prof. Dr. Slameto. (UKSW)
c. Dr. Tjipto Subadi. M.Si (UMS)
3. Pemakalah Paralel; dosen dan guru.

G. INFORMASI PENTING

1. 10 – 25 Desember 2011 : Pendaftara Peserta
2. 10 – 20 Desember 2011 : Penyerahan abstrak
3. 10 – 25 Desember 2011 : Batas akhir penyerahan makalah
4. Pendaftaran peserta, penyerahan abstrak, penyerahan makalah via e-mail ispijateng@yahoo.com atau tjiptosubadi@yahoo.com
5. Untuk mempermudah pendaftaran bisa contact person atau SMS ke nomor HP. 0816652241
6. Sekretariat Pendaftaran : Gedung B lantai 1 Prodi Pendidikan Geografi FKIP-UMS
Jl. A. Yani Tromol Pos 1 Pabelan Surakarta, Kartosuro.

H. RAMBU-RAMBU PENULISAN MAKALAH

1. Makalah yang ditulis merupakan hasil penelitian yang berkaitan dengan peningkatan kualitas pendidikan atau keprofesional guru.
2. Makalah ditulis dalam MS Word, Font Time New Roman 12 pt, 1,5 spasi dengan ukuran kertas A4
3. Makalah paling banyak 15 halaman termasuk abstrak, isi dan Pustaka
4. Makalah disusun berisikan;

Judul makalah, dibawahnya ditulis nama penulis (tanpa gelar), Sekolah atau Perguruan Tinggi, alamat e-mail dan nomor HP. Abstrak (150 kata) ditulis 1 spasi memuat tujuan, metode, dan hasil disertai kata kunci. Pendahuluan ditulis 1,5 spasi (yang memuat latar belakang, rumusan masalah, tujuan penelitian dan manfaat penelitian). Metode (yang memuat pendekatan yang digunakan, populasi dan sampel untuk penelitian kuantitatif, informan untuk penelitian kualitatif), instrumen, sumber data, metode pengumpulan data, dan teknik analisis data. Hasil penelitian dan pembahasan. Kesimpulan dan rekomendasi. Daftar Pustaka.

I. JADWAL

Sabtu 31 Desember 2011 SEMINAR NASIONAL
07.30 – 08.00 Heregistasi Peserta Seminar
08.00 – 08.30 Pembukaan Seminar
08.30 – 09.30 Keynote Peaker
09.30 – 12.00 Pemakalah Utama
12.00 – 13.00 Shalat Dhuhur dan Makan
13.00 – 15.00 Paralel Seminar (tiap Kelompok 8 anggota @ 15 menit)
Selesai (Penyerahan Sertifikat, Prociding, Surat Tugas).
JADWAL SEWAKTU-WAKTU BISA BERUBAH.