Apa Makna Hari Pahlawan, Menurut Mereka?

Assalamu a’laikum Warahmatullahi Wabarakatuh
 

Dalam rangka ikut memeringati Hari Pahlawan, Kamis, 10 November 2011. Saya mengajukan pertanyaan tentang makna Hari Pahlawan kepada para guru dan siswa. Sejumlah pendapat yang terhimpun semoga menjadi bahan renungan dalam rangka memaknai momentum hari pahlawan.

Saya sampaikan ucapan terima kasih yang tulus dan penghargaan yang tinggi kepada bapak/ibu/saudara yang berkenan memberikan pendapatnya.

Hj. Mardiyah, S.Pd (Guru PKn MTs Negeri Majenang)

 

“Semangat kepahlawanan harus tetap dimiliki oleh seluruh WNI, dalam situasi perang maupun damai. Hal itu tidak bisa ditawar-tawar lagi, jika kita masih ingin eksis dalam situasi pergaulan dunia yang semakin maju dan modern. Tapi harus diingat, kita harus tetap “Cekelan Waton“, maju yang beradab dan berkarakter. Merdeka!!!”

Yusuf Wibisono, S.Pd (Guru Bahasa Inggris, Sekretaris Yayasan YAPIA MTs GUPPI Wanareja)

 

“Momentum hari pahlawan tahun ini, hendaknya sebagai generasi muda harus punya semangat yang tinggi untuk meneruskan cita-cita luhur para pahlawan pendahulu kita.”

Atik Wigyati, S.Pd (Guru IPS MTs Negeri Majenang)

 

“Saya sangat terkesan dengan kata-kata Bung Karno yang sangat terkenal : Bangsa yang besar adalah bangsa yang tak melupakan sejarahnya. JAS MERAH. Jangan sekali-kali melupakan sejarah. Dengan semangat hari pahlawan kita lanjutkan perjuangan para pahlawan dengan selalu profesional dalam bidang dan kompetensinya masing-masing.”

Tri Mulyanto, S.Pd (Guru Bahasa Indonesia MTs Negeri Majenang)

 

“Dengan hari pahlawan seyogyanya dapat kita jadikan sebagai ajang introsfeksi diri sejauhmana apa yang telah kita lakukan, kita perbuat terutama untuk bangsa, negara khususnya lingkungan sekitar kita. Sudahkah kita melanjutkan dan mengisi alam kemerdekaan ini sesuai dengan apa yang diperjuangkan dan dicita-citakan oleh para pahlawan yang telah mendahului kita.”

Misye Arbiyan(Ketua OSIS MTs Negeri Majenang )

 

“Kita sebagai generasi muda harus meneruskan cita-cita para pahlawan untuk memajukan bangsa Indonesia. Kita juga perlu meneladani sikap patriotisme dan rela berkorban yang dilakukan oleh para pahlawan yang telah mendahului kita. Selayaknya kita tidak melupakan jasa-jasa para pahlawan karena tanpa jasa mereka kita tidak bisa menikmati kehidupan seperti sekarang ini.”