Menjadi Juri Pesta Siaga Kwartir Ranting Majenang

Kamis, 3 November 2011, saya diminta menjadi Koord. Juri Putra Pesta Siaga Kwaran Majenang tahun 2011. Pesta siaga merupakan ajang kegiatan pramuka untuk anak-anak tingkat dasar (SD/MI) yang diadakan setiap tahun. Adapun Pesta Siaga Kwaran Majenang tahun ini digelar seharian mulai pukul 07.00 -17.00 WIB bertempat di Alun-alun Majenang dan sekitarnya.

Kegiatan diawali dengan acara pembukaan yang dihadiri oleh Camat Majenang —H. Tasimin, SE., MM—selaku ketua Kwartir Ranting (Kwaran) Majenang, Dra Nurhayati, MM.Pd, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kecamatan Majenang, Kapolsek, para Kepala SD/MI, dan tamu undangan lainnya. Bertindak selaku pembina upacara Bunda Ny. Hj. Tasimin (ibu camat). Pada kesempatan itu Bunda Ny. Hj. Tasimin mengatakan, bahwa tema kegiatan pesta siaga tahun ini adalah “Satu Pramuka Untuk Satu Indonesia” tema ini relevan dengan cita-cita para pendiri bangsa untuk mewujudkan Indonesia yang utuh. Tidak terpecah-pecah. Tema selaras dengan tujuanb gerakan pramuka yang telah didirikan pada 14 Agustus 1961.

Pasca pembukaan yang ditandai dengan pemukulan gong oleh Bunda Ny. Hj. Tasimin, para peserta menyiapkan diri untuk mengikuti rangkaian kegiatan dengan penuh antusias. Ketua panitia pesta siaga 2011, Sumarni, S.Pd.SD, memaparkan tujuan diselenggarakan pesta siaga yaitu meningkatkan pengetahuan dan kecakapan para siaga. Di samping itu menambah pengalaman untuk mengembangkan jatidiri di satuan gugus depan.

Pesta siaga diikuti sebanyak 402 siswa dan 74 pembina pendamping yang terbagi dalam 44 gudep putri dan 40 gudep putra. Peserta adalah para siswa kelas 3 dan 4 SD/MI mewakili sekolahnya masing-masing. Mereka wajib mengikuti rangkaian kegiatan yang terdiri atas 14 kedai kegiatan. Diantara kedai yang harus dilewati peserta meliputi kedai ketaqwaan, pengetahuan umum, pengetahuan kepramukaan, pentas budaya, yel-yel, geguritan dan lainnya.

Akhirnya, setelah melalui proses persaingan yang ketat antarpeserta, tim dewan juri, di mana saya selaku koordinator juri putra dan Bapak Mulyanto, S.Pd, koordinator juri putri menetapkan pemenang. Hasilnya Gudep SD N Mulyasari 01 meraih juara pertama kategori putra sedangkan kategori putri diraih oleh Gudep SD N Jenang 04. Keduanya berhak maju ke tingkat pesta siaga tingkat kabupaten yang akan diselenggarakan pada bulan Januari 2012.