Penutupan Diklat Prajab Kemenag Jateng-DIY

Tuesday, 30 August 2011 (04:22) | 1,333 views

“Saya melihat wajah-wajah sedih sekaligus gembira pada saat ini,” demikian ungkap Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) dan Diklat Kementerian Agama Prof Dr Abdul Djamil saat penutupan Diklat Prajabatan angkatan 18-26 Golongan III bertempat di Auditorium Balai Diklat Keagamaan Semarang, tiga hari lalu (26/8).

Prof. Djamil mengharapkan pasca selesainya diklat prajabatan, para peserta mulai berfikir apa yang bisa diperbuat sesuai posisinya masing-masing di kemenag. Beliau pun menekankan pentingnya selalu berfikir positif sebagai modal utama menjadi seorang PNS.

Selanjutnya Mantan Rektor IAIN Semarang itu memaparkan 5 (lima) program Kementerian Agama yang perlu dipahami semua PNS di lingkungan Kemenag.

Kelima program itu meliputi, pertama, peningkatan kualitas pemahaman dan pengamalan agama di tengah masyarakat. Kedua, berkembangnya kehidupan sosial yang harmonis, rukun dan damai di kalangan umat beragama. Ketiga, Meningkatkan kualitas pelayanan bagi umat beragama. Keempat, meningkatkan kualitas penyelenggaraan ibadah haji dan kelima, terwujudnya optimalisasi potensi ekonomi yang dikelola pranata keagamaan, seperti zakat, wakaf dan dana sosial keagamaan lainnya.

Di awal acara penutupan, Pgs. Kepala Balai Diklat Keagamaan Semarang, Drs. H. Chobirun Zuhdi melaporkan bahwa acara diklat prajabatan dilaksanakan selama 24 (dua puluh empat hari), mulai tanggal 03 s.d. 26 Agustus 2011 yang diikuti oleh 250 peserta berasal dari wilayah Jateng dan DIY. Dari jumlah peserta tersebut seluruhnya dinyatakan LULUS. Ada diantara mereka yang harus mengikuti remedi terlebih dahulu terkait dengan ujian komprehensifnya. Di samping itu ada beberapa peserta yang diberi PR untuk memantapkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an-nya.

“Diklat di bulan ramadhan kali ini memberi pengalaman sendiri bagi para peserta. Pelbagai kegiatan yang bertujuan menyiapkan peserta menjadi PNS yang disiplin, loyal dan bertanggungjawab semakin pas dengan nuasa ramadhan. Sehingga waktu ramadhan lebih bermakna,” papar Kepala Balai tersebut.

Tulisan lain yang berkaitan:

img Silaturahmi dan Halalbihalal Guru Karyawan se-KKM MTs Majenang (13 September 2011, 1,487 views)
img MTs Negeri Majenang dalam Lomba Paduan Suara Bangga Mbangun Desa (29 July 2011, 1,223 views)
img Peresmian Gedung MA Pesantren Pembangunan Majenang dan 5 Pilar Pendidikan Islam (24 July 2011, 1,406 views)
img Nur Hafizhin, Juara 1 Lomba Pidato Bahasa Arab Tingkat Jateng (12 July 2011, 6,905 views)