Kamus Pintar Sejarah Dunia Karya Adikku

Dua hari lalu, Mi’raj Dodi Kurniawan, adik saya yang kedua mengabari bahwa buku Kamus Pintar Sejarah Dunia yang ditulisnya telah terbit. Cetakan pertama dengan 200 halaman itu diterbitkan oleh Dahara Prize, Semarang, Jawa Tengah.

Menurutnya dalam buku tersebut memuat beberapa hal seperti nama-nama tokoh yang berpengaruh dalam sejarah, peristiwa-peristiwa penting yang terukir dalam sejarah, serta istilah-istilah yang kerap muncul dalam studi sejarah, baik sejarah nasional maupun internasional.

“Pencarian aneka konsep kesejarahannya pun praktis, tinggal merunut secara alfabetik materi kesejarahan apa yang dicari,” ujarnya. Buku pintar itu juga didesain untuk menambah khazanah pengetahuan kesejarahan sehingga memperluas wawasan khalayak pembaca.

Adik saya yang kini menjadi guru itu berharap bahwa bukunya akan membantu para pelajar dalam proses membuat tugas-tugas studi sejarah serta termotivasi untuk memahami konsep-konsep dan fakta sejarah.

“Kamus ini layak dimanfaatkan kalangan pelajar, dari tingkat dasar hingga atas, serta kalangan umum. Dalam kadar tertentu, buku ini pun dapat membantu studi mahasiswa jurusan sejarah dan mahasiswa pendidikan sejarah, serta kalangan akademis yang berminat mempelajari peristilahan kesejarahan,” tegasnya dengan bangga.

Saya sebagai kakaknya tentu turut bersyukur dan berbahagia atas terbitnya buku tersebut. saya pun berupaya untuk ikut mempromosikan buku itu biar laku atau mungkin best seller.

Selamat untuk Mi’raj dan teruslah menulis!