Catatan Kecil dari Musda ISPI Jateng 2011

Jum’at-Sabtu, 1-2 Juli 2011 kemarin, bertempat di Hotel Grand Setia Sekawan Solo, ISPI Jateng menggelar musyawarah daerah/kongres ke-3 dan Diklat Sehari bertajuk “Penulisan Karya Ilmiah untuk Publikasi Ilmiah bagi Guru“. Saya yang sedang menikmati liburan sekolah alhamdulillah bisa hadir karena mendapat undangan dari Prof. Dr. H. Trisno Martono, M.M., selaku Ketua sejak sebulan lalu.

Acara musda/kongres dimulai pukul 16.00 dan baru berakhir tepat pukul 24.00 WIB. Saya sendiri baru bisa hadir pada pukul 20.00 WIB karena perjalanan yang cukup jauh dari Majenang-Solo sekira 8 jam naik bis. Agenda yang dibahas pada acara empat tahunan tersebut meliputi Laporan Pertanggungjawaban (LPj) pengurus ISPI Jateng periode 2007-2011 dan pemilihan pengurus ISPI Jateng untuk priode 2011-2015.

Selain itu musda/kongres membahas beberapa usulan, di antaranya: a) memperkuat kerjasama dengan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah dalam bentuk kegiatan yang lebih riil mengingat ISPI Jateng memiliki banyak pakar di bidang pendidikan, dan b) penerbitan jurnal ilmiah ISPI Jateng. Berkaitan dengan penerbitan jurnal, peserta musda/kongres menghendaki agar ISPI jateng memiliki media untuk menampung karya tulis dari segenap pengurus dan anggota ISPI yang sebagian besar anggotanya dosen dan guru. Hal ini senada dengan pernyataan yang disampaikan Pak Prof Dr. H. Trisno Martono, MM, selaku Ketua ISPI Jateng bahwa ISPI berkomitmen untuk terus memfasilitasi sarjana pendidikan untuk meningkatkan kemampuan profesinya termasuk bidang penulisan. “Insya Allah, ISPI Jateng akan terus berupaya lebih dekat dengan para guru, dan salahsatunya melalui penerbitan jurnal,” ujar Rektor Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo dan guru besar UNS itu.

 

Setelah melalui musyawarah yang penuh kekeluargaan peserta musda/kongres kembali mengamanahkan kepemimpinan ISPI Jateng kepada Prof. Dr. H. Trisno Martono, MM dengan didampingi sekretaris, Dr. Tjipto Subadi periode 2011-2015. Saya sendiri, diminta menjadi sekretaris II, amanah yang sangat berat bagi saya.

Semoga pada masa mendatang, ISPI Jateng bisa lebih banyak action dan berkiprah secara nyata dalam meningkatkan mutu pendidikan di Jawa Tengah sehingga lebih bergairah, dinamis dan maju.

Adapun diklat penulisan diisi oleh narasumber dari Kepala Dinas Pendidikan Jawa Tengah yang diwakili Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Kabid Dikdas) Dispendik Jawa Tengah, Prof. Dr. H. Trisno Martono,MM, Prof. Dr. Tri Marhaeni Pudji Astuti, M.Hum dan Prof. Dr. Slameto, M.Pd.