Prof. Drs. H. A. Kosasih Djahiri Meninggal Dunia

Selasa, 21 Juni 2011, pukul 04.40 WIB, pesan sms masuk di HP saya. “Innalillahi wainnaillaihi raji’un, Prof. Kosasih Djahiri telah berpulang ke rahmatullah pada pukul 03.35 barusan. Mohon do’anya semoga almarhum diterima disis-Nya. Amin”. Demikian pesan masuk yang saya terima dari Pak Dr. Cecep Darmawan, dosen PKn UPI yang juga Direktur Kemahasiswaan UPI, di layar HP jadul saya. Sms tersebut membuat saya ikut berduka yang sangat dalam.

Bagi saya, Prof. Drs. A. Kosasih Djahiri bukanlah sosok yang asing. Beliaulah yang selama saya menjadi mahasiswa di jurusan PKn UPI Bandung (1995-2000) menjadi Ketua Jurusan PKn yang kala itu masih bernama PPKN. Sehingga ketika saya terlibat dalam beberapa kegiatan organisasi kemahasiswaan baik di tingkat jurusan maupun fakultas akan perlu untuk berkomunikasi dengan sosok yang selalu tampil trendy dan ramah itu.

Kiprah beliau dalam membesarkan jurusan PKn tidak dapat dipandang sebelah mata. Dosen senior yang lahir di Karawang, 22 Mei 1936 itu merupakan Guru Besar Bidang Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) pada Fakultas Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan Sosial yang telah banyak menulis buku, diktat dan modul yang menjadi referensi pembelajaran PKn di Indonesia.

Almarhum yang dikenal sebagai pakar pendidikan nilai itu termasuk salah satu dosen yang memiliki idealisme tinggi untuk mengembangkan jurusan PKn menjadi salah satu jurusan yang sejajar dengan jurusan lainnya. Banyak sudah program dan terobosan yang digulirkan selama memimpin jurusan PKn yang termasuk jurusan tertua di UPI. Sebagian diantaranya yang masih saya ingat adalah mensupport penuh kegiatan mahasiswa yang tergabung dalam HMCH mengadakan Kongres Mahasiswa PKn tingkat nasional yang dihadiri perwakilan dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Beliau selalu menekankan untuk terus bekerja, berjuang dan merealisasikan program yang telah direncanakan dengan sebaik-baiknya.

Prof. Kosasih, pernah memegang jabatan menjadi Ketua Jurusan Civics Hukum/PMPKN, Dekan FKIS, Ketua Prodi Pendidikan Umum PPs UPI dan Ketua Laboratorium PKN. Adapun di luar kampus beliau pernah mengemban amanah sebagai Sekretaris/Kormin Kanwil Depdikbud Provinsi Jawa barat mulai tahun 1980 sampai dengan 1983. Selalin itu terlibat aktif dalam pengembangan kurikulum PKN tingkat nasional.

Selamat jalan, Pak Prof, semoga Allah SWT memberi tempat yang indah di sisiNya. Kepada segenap keluarga yang ditinggalkan, semoga diberikan kesabaran dan kekuatan lahir bathin dalam menghadapi musibah ini.