200 Pelajar Belajar Jurnalistik

AJIBARANG-Sebanyak 200 pelajar SLTP/SLTA sederajat di eks-Kawedanan Ajibarang Banyumas, mengikuti pelatihan jurnalitik, di aula SMK Ma’arif Ajibarang, Minggu (8/2) kemarin. Dalam pelatihan ini para siswa mendapatkan berbagai hal tentang kegiatan jurnalistik. Mulai peliputan sampai menulis berita.

Pelatihan diisi oleh wartawan Radar Banyumas, Angga Saputra, Kotributor ANTV Sonik Jatmiko dan Deni Kurniawan As’ari (Agupena). Masing-masing narasumebr memberikan materi mulai dari peliputan, pengambilan data di lapangan, sampai pada penyajian berita. Selain itu, mereka mendapatkan pelajaran tentang penyajian Majalah Dinding (Mading) yang lebih menarik dan kreatif. “Pelatihan jurnalistik ini untuk memberikan pengetahuan kepada siswa tentang jurnalistik, “ kata Rinto Saputra, Ketua OSIS SMK Ma’arif Ajibarang.

Usai mendapatkan materi satu persatu dari narasumber, kegiatan ini dilanjutkan dengan diskusi tentang pemuatan majalah dinding atau jurnalistik. Dalam acara diskusi ini, peserta begitu antusias ingin mengetahui berbagai hal tentang jurnalistik. Dan bagaimana rasanya menjadi wartawan.

Sofyan, salah satu peserta dari SMPN 2 Cilongok mengakui, pelatihan ini cukup bermanfaat. Selain baru diikuti, dirinya mengakui mendapatkan banyak ilmu tentang jurnalistik. “Saya jadi tahu bahwa sebelum menulis berita, wartawan harus bisa menggali data di lapangan. Ini sangat menarik dan penuh tantangan,” ujar siswa kelas dua ini.

Sumber: Radar Banyumas