MGMP Punya Makna Strategis Tingkatkan Kualitas

Purwokerto-Keberadaan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) mempunyai makna strategis dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah.

Dengan berkumpul sesuai bidangnya masing-masing akan terjadi tukar pikiran yang berujung pada peningkatan kemampuan dalam mengajar.

Hal tersebut diungkapkan Pembina MGMP IPS SMK Kabupaten Banyumas, Drs. H. Ahmad Nurul Huda, M.M, dalam musyawarah anggota MGMP IPS SMK Banyumas yang digelar, Rabu (2/2) di Rumah Makan Cipta Rasa Purwokerto.

Menurut dia, dengan adanya tukar pikiran akan memberikan makna luar biasa dalam kemajuan pembelajaran. Pasalnya, tanpa adanya musyawarah, perkembangan mata pelajaran IPS tidak akan maju.

“Saya yakin dengan adanya MGMP, kegiatan pembelajaran mata pelajaran IPS dari waktu ke waktu akan makin lebih baik.” Kata dia.

Dia mengatakan, seiring perkembangan zaman yang semakin maju, para guru perlu melakukan langkah-langkah terobosan dalam membekali diri sebagai guru, apalagi tantangan ke depan sangat besar.

Bila guru tidak berkomunikasi dengan guru lain untuk memperoleh tambahan informasi dalam meningkatkan kemampuannya, maka kemungkinan besar akan tertinggal.

Semakin maju
Belum lagi perkembangan para siswa dalam menangkap pelajaran juga semakin maju. Kondisi seperti ini harus disikapi.

“Sekarang belajar mata pelajaran IPS cukup mudah, bahkan tanpa guru pun sebenarnya para siswa bisa belajar. Ini merupakan saingan dari para guru IPS untuk lebih meningkatkan kemampuannya,” ujar dia.

Dalam musyawarah tersebut, disampaikan juga laporan pertanggungjawaban (LPj) Ketua MGMP kepengurusan 2008-2011, Deni Kurniawan As’ari, SPd, dan pemilihan kepengurusan baru periode 2011-2014.


Dalam laporannya Deni menjelaskan pada dasarnya tujuan MGMP IPS untuk mewujudkan guru IPS yang profesional, sehingga setelah guru bergabung dalam MGMP secara bersama-sama dapat meningkatkan profesionalismenya.

Dalam pemilihan kepengurusan baru yang berlangsung seara demokratis tersebut, Herry Soenarto, S.Pd. (SMK 75 Satu Purwokerto) berhasil menduduki sebagai ketua masa bakti 2011-2014. Wakil ketua Drs. Bangun Handoyo (SMK N 1 Purwojati), Sekretaris Mulisoh, S.Pd (SMK Wiworotomo Purwokerto), dan Bendahara Ira Purwaningsih, SE (SMK YPE Sumpiuh Banyumas). (H48-17).

Sumber : Suara Merdeka